Labels

Alfi (5) ANIME (3) Apple (2) AWD (9) Economy (4) FASHION (4) FILM (27) Finance (1) Gadget (6) GadgetNews (2) Gading (1) Game (7) Hermès (1) Investasi (1) Karier (2) KETEQ10 (2) Leadership (3) MAL (42) Motivasi (5) Ponsel (4) Preview (2) Properti (1) Review (24) Sepakbola (7) Simon (5) Tech (1) TRAVEL (2) Tri (6) Unboxing (2) Wisnu (2)

Monday, December 21, 2015

#KETEQMOTIVASI Be The Answerer!



Tips#04. Be The Answerer!



Coba diam sejenak Sahabat!
Tenangkan dirimu 2 menit. Berusahalah agar pikiranmu tidak terganggu dengan hal lain. Kalau sudah Ok! Nah sekarang, coba ingat kembali Anda saat berada di satu jam lalu atau tiga sampai empat jam yang baru saja terlewati:
·         Apakah Anda menjadi sebab dari munculnya satu masalah, entah itu hal sepele atau masalah besar?
·         Apakah Anda baru saja berselisih pendapat dengan rekan kerja, atasan, istri atau suami atau anak Anda?
·         Apakah Anda baru saja lupa janji untuk buat laporan?
·         Anda baru saja menebar marah, fitnah, isu yang tidak benar? atau
·         Anda menyebabkan pertengkaran? bahkan
·         Anda sengaja merencanakan kesalahan kecil di bagian kerja Anda agar temanmu dipersalahkan atas kejadian itu?
Hai Sahabat, saya tidak coba membuat Anda berpikir negatif tentang diri Anda saat ini. Saya tidak berusaha untuk mengajak anda membuat litani sikap buruk Anda. Dan memang, itu bukan maksud saya.


Yang paling penting ialah ini: Setiap kali Anda menjadi penyebab terjadinya sesuatu yang kurang menyenangkan bagi orang lain, apakah Anda sempat berpikir tentang perasaan orang-orang tersebut?

Jika tak ada rasa itu…hmmm Sahabat, Anda sudah harus ke psikiater.  Pasti ada sesuatu yang salah dengan dirimu. Jangan salah, hal itu akan berakibat buruk untuk hidupmu selanjutnya. Tapi bila demikian adanya dirimu saat ini, saya sangat yakin, hati dan pikiran Anda saat ini masih dihantui oleh perasaan tertentu.

Memang sering Anda bisa menyimpan rasa bersalah itu dan coba bilang dalam hatimu,  Ah…saya baik-baik saja kog!  Padahal ada rasa bersalah di sana. Atau sebaliknya, hati Anda bahkan masih berharap cemas sambil menanti berita buruk tentang ‘korban’ sikap anda? Apa pun itu, yang pasti, Anda tidak sedang bahagia saat ini. Hati kecilmu sedang bergejolak. Jika ini yang terjadi, Anda baru saja menjadi pencipta masalah! Dan karena Anda, ada banyak orang yang terluka hati dan perasaannya.


Ingat pepatah tua ini: Bila anda pencipta masalah, anda baru saja menancapkan sebuah paku pada sebatang kayu. Meski Anda berusaha keras agar mencabut paku itu. Yah memang akhirnya paku itu tercabut, tapi di kayu itu masih tertinggal lubang bekas paku tadi, dan sampai kapan pun, lubang itu tak akan tertutup sempurna. Itulah yang baru saja Anda lakukan untuk orang-orang terdekatmu.

Jangan khawatir Sahabat, saya bisikan rahasia kecil ini: Mulai saat ini, Anda harus menjadi JAWABAN bagi orang lain, bagi perusahaan, bagi kantor Anda dan bagi orang-orang terdekat Anda, kapan pun dan di mana pun. Janganlah pernah menjadi pencipta masalah.

Lalu, bagaimana caranya  agar Anda menjadi JAWABAN bagi orang lain?

#Trik:
·         Menjadi JAWABAN bagi orang lain berarti Anda berusaha se-minimal mungkin untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan orang lain atau perusahaan Anda. Sebaliknya, Anda akan berusaha untuk se-maksimal mungkin membantu dengan cara apa saja kebutuhan rekan kerja dan orang lain tanpa harus diminta.
·         Sekarang, coba perhatikan baik-baik rekan kerja yang ada di dekat Anda di ruangan kerja atau di perusahaan ini. Kalau sebelumnya, Anda terlihat cuek saja, saatnya Anda sedikit memaksa diri untuk melihat kebutuhan mereka. Cukuplah Anda perhatikan dua orang saja, siapa pun dia, apa pun jabatannya. Lalu, temukan pada masing-masing orang tersebut satu kebutuhan yang harus segera Anda jawab!
·         Nah, urutkan nama dua orang dimaksud dan hasil pengamatan Anda:
o    Nama               :________________
o    Kebutuhan      : ________________
o    Jawaban Saya   :_________________ (tetapkan langkah konkrit bagaimana Anda bisa menjadi Jawaban bagi rekan Anda, dan lakukanlah sekarang)


Salam sukses!
Simon Wenehen
Konsultan SDM & Trainer dari Persona Consulting
hp.081228869034
wa. 087872062313
email: swenehen@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Labels

MAL (42) FILM (27) Review (24) AWD (9) Game (7) Sepakbola (7) Gadget (6) Tri (6) Alfi (5) Motivasi (5) Simon (5) Economy (4) FASHION (4) Ponsel (4) ANIME (3) Leadership (3) Apple (2) GadgetNews (2) KETEQ10 (2) Karier (2) Preview (2) TRAVEL (2) Unboxing (2) Wisnu (2) Finance (1) Gading (1) Hermès (1) Investasi (1) Properti (1) Tech (1)

Instagram @KeteqFeed