Labels

Alfi (5) ANIME (3) Apple (2) AWD (9) Economy (4) FASHION (4) FILM (27) Finance (1) Gadget (6) GadgetNews (2) Gading (1) Game (7) Hermès (1) Investasi (1) Karier (2) KETEQ10 (2) Leadership (3) MAL (42) Motivasi (5) Ponsel (4) Preview (2) Properti (1) Review (24) Sepakbola (7) Simon (5) Tech (1) TRAVEL (2) Tri (6) Unboxing (2) Wisnu (2)

Tuesday, October 6, 2015

#KETEQANIME KETIKA PARA FANS MENYALURKAN KHAYALANNYA DALAM FANFICTION



KETIKA PARA FANS MENYALURKAN KHAYALANNYA DALAM FANFICTION

Pernah menyukai suatu cerita dalam komik/manga, novel, animasi, film atau media lain tetapi tidak puas dengan apa yang diceritakan di dalamnya, dan berkhayal ada cerita lebih dari apa yg sudah dibuat oleh original authornya? Kamu bisa menemukannya di fanfiction (dikenal juga dengan fanfic atau FF )

Fanfiction merupakan hasil karya pikiran para fans yang dituangkan dalam karya tulisan, gambar (fanart) maupun komik/manga (atau mungkin bentuk lain, tetapi sejauh ini yang banyak beredar adalah tulisan ,gambar dan komik/manga).

Fanfiction itu sendiri ternyata banyak diminati dan berkembang cukup luas dan pesat, serta bisa dikatakan membentuk suatu “bidang” tersendiri yang “professional” akibat besarnya minat para fans yang terjun di dalamnya. Bahkan, fanfiction itu sendiri, yang notabene adalah “tiruan” dari “original Character/OC” yang memiliki hak cipta, dalam kalangan para pembuat dan penikmat fanfic juga sudah dilabeli “hak cipta” fanfic. Ketika seseorang sudah mempublish hasil karya fanfic nya, sekarang sedang digiatkan suatu aturan bahwa orang2 yang me-repost karya tersebut, disarankan mencantumkan “original source” , “original link” yang setidaknya melindungi sumber asli tempat karya tersebut dipublish.
Adalah suatu “pelanggaran” apabila seseorang mempublish ulang dalam suatu media (dalam hal ini secara umum adalah di internet baik social media, blog, web dsb) hanya dengan mengcopy-paste tulisan atau gambar tanpa sumber asli yang jelas (pengarang/soure link).
Hal ini sebenarnya masih perdebatan karena fanfiction itu sendiri bisa dikatakan “mengambil” karya cipta dan bahkan tidak sering mencantumkan disclaimer terhadap original characternya, akan tetapi karena tingginya minat fans terhadap fanfiction, original author bisa dikatakan tidak pernah menindaklanjuti ini sebagai pencurian hak cipta. Dan sudah banyak Fanfic diual / berbayar bahkan dicetak.

     
Contoh pencantuman original source pada repost fanfiction yang telah di re-typeset / diterjemah ulang





Tertarik? Lalu dimanakah mendapati fanfiction hasil karya para fans tersebut? Bermacam-macam. Situs terbesar fanfiction dalam bentuk bacaan (bukan gambar) bisa anda buka di www.fanfiction.net (sayang nya beberapa provider Indonesia tidak mengizinkan kita mengakses ini, harus ada cara jitu tersendiri untuk bsia mengakses nya), selain itu untuk media gambar/komik banyak yang menaruhnya di devianart.com, pixiv.net, tumblr dan banyak di repost di fans group / fans page Facebook

     
Contoh fanfiction di pixiv 





Lalu jenis apa saja sih yang ada dalam fanfic itu ? Untuk jenis2 sebenarnya tidak ada batasan khusus karena makin hari, para fans makin kreatif dalam me blend suatu kreatifitas dan karyanya. Genre-genre unik yang banyak disebut misalkan:
AU (Alternate Universe) - suatu keadaan /setting yang sangat berbeda  dengan cerita aslinya, misalkan fanfiction Naruto. Yang kita ketahui Naruto memiliki setting “dunia ninja/shinobi” dengan adanya genre AU ini, fans menceritakan Naruto dalam setting “anak sekolahan”
Crossgender - Pertukaran gender daroi Characer aslinya, misalkan Naruto menjadi wanita dan Hinata menjadi Pria
Crossover - Ketika fanfiction menggabungkan 2 tokoh original dalam 1 cerita, misalkan Naruto bertemu dengan Songoku
Smut - Fanfiction yang mengandung adegan 18+

Sejauh apakah kekuatan fanfiction? Jangan pernah mengunderestimate fanfiction! Mengapa? Siapa yang mengira kalau original author membaca fanfiction yang sudah dibuat dan akhirnya terinspirasi dari fanfiction tersebut? Atau karena terlatih atau bersumber dari fanfiction , maka pembuat fanfiction bisa membuat original characternya sendiri?



Fifty Shades of Gray, novel yang laris manis merupakan peralihan cerita dari Fanfiction Twilight menjadi original character


Contoh adegan fanfic yang (mungkin) menginspirasi original author / official publisher


Tertarik? Yuk, jadi penikmat atau bahkan pembuat fanfic!!

-GI-


No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Labels

MAL (42) FILM (27) Review (24) AWD (9) Game (7) Sepakbola (7) Gadget (6) Tri (6) Alfi (5) Motivasi (5) Simon (5) Economy (4) FASHION (4) Ponsel (4) ANIME (3) Leadership (3) Apple (2) GadgetNews (2) KETEQ10 (2) Karier (2) Preview (2) TRAVEL (2) Unboxing (2) Wisnu (2) Finance (1) Gading (1) Hermès (1) Investasi (1) Properti (1) Tech (1)

Instagram @KeteqFeed