Labels

Alfi (5) ANIME (3) Apple (2) AWD (9) Economy (4) FASHION (4) FILM (27) Finance (1) Gadget (6) GadgetNews (2) Gading (1) Game (7) Hermès (1) Investasi (1) Karier (2) KETEQ10 (2) Leadership (3) MAL (42) Motivasi (5) Ponsel (4) Preview (2) Properti (1) Review (24) Sepakbola (7) Simon (5) Tech (1) TRAVEL (2) Tri (6) Unboxing (2) Wisnu (2)

Monday, November 23, 2015

#KETEQMOTIVASI BE 100%


Tips#3.
 
Be 100%
 



Kadang kita shock profesional: Masalah pribadi tak boleh bawa ke tempat kerja. Nyatanya, sebagian besar waktu kita habiskan untuk urusan pribadi atau bicara isu, sentimen, gosip, tidak suka pada orang, ketimbang fokus bekerja. Mari kita berhitung: berapa jam kerja yang efektif Anda gunakan untuk pekerjaan dan urusan kantor?

 

Katakanlah, Anda punya waktu kerja rata-rata 7-8 jam per hari.  Nah, 1 jam Anda istirahat makan, terus 20-30 menit untuk istirahat kecil, lalu 15-30 menit Anda ngombrol sana-sini dengan teman, kemudian urusan lainnya?

 

Jadi sejujurnya, berapa jam efektif Anda bekerja dalam sehari? Kalau hitungan normal mungkin hanya 4-5 jam saja. Itu pun sudah maksimal. Sekali lagi, tapi apakah memang Anda benar-benar fokus 4-5 jam itu untuk pekerjaan kantor? Atau jangan-jangan Anda hanya hadir di kantor tapi mengerjakan pekerjaan Anda pribadi?

 

 
 
 


Nah pada titik ini, Anda mungkin sering berbenturan dengan pimpinan atau atasan Anda. Memang benar setiap pemilik usaha, pimpinan dan atasan selalu menekankan bahwa kita harus bekerja efektif dan efisien. Hal ini tak salah. Hanya saja kadang mereka keliru. Sebaliknya, kita pun tidak sadar.  Nyatanya, sebagian besar pemimpin atau atasan hanya melihat adanya kita saat berada di kantor. Artinya dia tidak peduli dengan segudang masalah yang Anda bawa ketika hari ini datang ke kantor. Mereka tak mau tahu entahkah beban hidup Anda susah? Ataukah, pagi tadi Anda baru saha salah paham dengan istri atau suami. Atau mungkin semalam anak Anda atau orang tua sakit, dan seterusnya. Pokoknya Anda dituntut untuk tampil senyum, dan 100% di tempat kerja.

 

 
 
Bila Anda ke mall dan masuk ke salah satu store ternama, Anda akan disapa oleh seorang gadis cantik berpakaian rapi dengan sebuah selempang seakan menyelimut tubuhnya. Dan tertulis di sana “Pramuniaga Terbaik Bulan ini!” Ia selalu saja menebar senyum dan menyapa ramah Anda sambil mempersilahkan Anda masuk ke store ini. Coba Anda perhatikan baik-baik. Meski ia kecapaian dan kelelahan dengan senyum yang seakan dipaksakan, ia akan selalu senyum. Tapi apakah Anda pernah membayangkan bahwa sang wanita cantik ini begitu menderita dengan menahan semua beban hidupnya? Hal seperti itulah yang tak dilihat oleh atasan atau pimpinan Anda. 

 

Jadi, ini memang tuntutan sia-sia, yang juga tidak Anda sadari. Lalu, Bos Anda mengeluh. Anda pun mengeluh. Rekan Anda juga mengeluh. Seakan tak ada jalan keluar. Hai sobat, saatnya Anda fokus 100% di perusahan.  Ini memang tak mudah. Tapi pertimbangkan dengan matang: bagaimana saya membuat hidup ini makin lebih hidup dan bukan sebaliknya?

 

Konkritnya, selesaikan urusan pribadimu sebelum ke kantor. Jadilah pribadi yang seimbang. Ciptakan kondisi aman dan nyaman sebelum Anda bekerja. Dari sanalah Anda akan lebih produktif.

 

 

 
Trik:

·         Banyak alasan mengapa Anda tidak fokus dalam bekerja. Ada dua alasan utama: dari luar diri (entah situasi di kantor, atau situasi di rumah), dan dari dalam diri (semangat dan motivasi).

·         Temukan hanya 2 penyebab “mengapa Anda tidak fokus bekerja sampai saat ini?” Coba runut secara baik-baik apa penyebab dan alasannya. Apakah penyebabnya di dalam diri Anda atau di luar diri Anda?  Ingat, penyebab itu harus sesuatu alasan yang sering membuat Anda tidak fokus, bukan yang hanya sekali-sekali saja!

·         Urutkan 2 faktor penyebab itu menurut dampak atau pengaruhnya yang paling besar terhadap Anda.

·         Dan paling penting, lakukan dua tindakan  perubahan yang konkrit untuk menunjukkan bahwa mulai hari ini Anda fokus bekerja.

 

Harold Taylor dalam The Power of Minute mengatakan

Waktu itu pemaaf. Terlepas dari bagaimana Anda meremehkannya di masa lalu,

Anda tetap akan mendapatkan kuota 86.400 setiap harinya sampai akhir hayat...

Anda tetap tidak berutang apa-apa dengan peluang

menggunakan waktu secara bijak atau menghamburkannya”

 

Salam sukses!

Simon Wenehen (Konsultan SDM & Trainer dari Persona Consulting)

Kontak. 081228869034 - email: swenehen@gmail.com

 

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Labels

MAL (42) FILM (27) Review (24) AWD (9) Game (7) Sepakbola (7) Gadget (6) Tri (6) Alfi (5) Motivasi (5) Simon (5) Economy (4) FASHION (4) Ponsel (4) ANIME (3) Leadership (3) Apple (2) GadgetNews (2) KETEQ10 (2) Karier (2) Preview (2) TRAVEL (2) Unboxing (2) Wisnu (2) Finance (1) Gading (1) Hermès (1) Investasi (1) Properti (1) Tech (1)

Instagram @KeteqFeed