Labels

Alfi (5) ANIME (3) Apple (2) AWD (9) Economy (4) FASHION (4) FILM (27) Finance (1) Gadget (6) GadgetNews (2) Gading (1) Game (7) Hermès (1) Investasi (1) Karier (2) KETEQ10 (2) Leadership (3) MAL (42) Motivasi (5) Ponsel (4) Preview (2) Properti (1) Review (24) Sepakbola (7) Simon (5) Tech (1) TRAVEL (2) Tri (6) Unboxing (2) Wisnu (2)

Tuesday, November 10, 2015

#KETEQMOTIVASI Find Out Your X-Faxtor!


Tips#2. Find Out Your X-Faxtor!

 

Sikap baik adalah awal keberhasilan. Tapi apakah Anda sekedar mau menjadi orang yang rata-rata saja? 

 



 

 


Sebagai karyawan Anda selalu dituntut untuk menjadi lebih dan bukan sekadar biasa-biasa. Banyak orang hanya ingin berada di zona nyaman. Katanya, hidup itu mengalir. Aku hanya mengikuti arus! Hmmm…ini paradigma orang rata-rata.  Bila anda mau tetap di level rata-rata, maka hidup Anda juga akan rata-rata alias tak ada loncatan.

 

Lihat, setiap tahun ada ribuan anak muda yang mengadu nasib di ajang kompetisi suara atau bakat di negeri kita. Memang ini yang lagi nge-trend. Dan perhatikan, kurang lebih 95% peserta adalah orang yang rata-rata atau di bawah rata-rata. Hanya sekitar 5% di atas rata-rata dan hanya satu pemenang. Dia adalah orang yang memiliki X Factor.

 

Perhatikan lagi. Di sana terampil bukan satu-satunya ukuran. Perilaku pun wajib dinilai.  Maka tak heran para yuri atau mentor selalu menuntut peserta untuk siap menerima kritik, selalu rendah hati bila dianggap tidak maksimal, terbuka akui kasalahan, dan terus belajar untuk memperbaiki diri.

 

Saya tertarik dengan salah satu ajang bakat yang ujung-ujungnya hanya mencari X Factor  seseorang. Ia adalah pribadi yang unik, khas dan bukan biasa-biasa. Nah, di sini hikmahnya. Banyak orang terkenal dan sukses adalah orang-orang unik yang punya X Factor. Mereka selalu berada pada dua sisi – kalau tidak sangat buruk – maka di sisi sangat baik! Orang-orang ini menonjol. Kalau Anda hanya baik biasa-biasa, di titik tengah, atau di zona nyaman, maka Anda tidak akan berkembang. Tentu yang sangat baik adalah Anda di sisi SANGAT BAIK!

 


 
Masih ingat gadis belia Fatin Shidqia Lubis, Sang Pemenang X Factor Indonesia I tahun 2013 di usia 17 tahun? Ia unggul bukan hanya karena keunikan suaranya. Fatin  membuat perbedaan. Ia satu-satunya peserta perempuan yang menggunakan hijab dalam kontes itu. Dan jangan salah, ia akhirnya menjadi role model bagi perempuan muda sekarang yang makin senang berhijab.

 

 
Anda juga mungkin pernah mendengar kisah Pa Tarnidi, seorang sopir taksi di Jakarta. Pria 54 tahun asal Indramayu, Jawa Barat dan tak lulus Sekolah Dasar (SD), makin fasih berbicara bahasa Inggeris meski tak pernah ikut kursus bahasa. Hasilnya, beberapa kali ia tampil di layar kaca untuk memotivasi anak muda Jakarta dan para sopir taksi untuk harus berbicara bahasa Inggeris. Suatu waktu, ia didaulat oleh salah seorang penumpangnya yang juga bos sebuah perusahaan untuk memotivasi para sopir perusahaan tersebut untuk belajar bahasa Inggeris.

 

Sekarang, coba lihat dirimu. Apakah Anda adalah karyawan yang punya X Factor? atau Selama ini Anda memang karyawan yang biasa-biasa alias rata-rata saja. Bahkan mungkin Anda di bawah level rata-rata? Lalu, bagaimana dengan pencapaianmu saat ini? 

 

Saya yakin bila Anda saat ini masih berada di level tersebut, maka terimalah nasibmu saat ini, apa adanya dirimu dan hidupmu. Jangan pernah menyalahkan orang lain! Tapi apakah Anda ingin untuk menemukan X Factor dirimu? Anda pasti mau, bukan ?

 

 

Trik:

·         Setiap orang pasti punya banyak kelebihan. Entah itu karena tampilan fisik, bakat, minat, hobby atau karena sikapnya, ia menjadi berbeda dari orang lain. Ia pun menjadi unik. Artinya, di antara teman-teman lain, ia  punya keunggulan yang sulit dimiliki oleh orang lain. Dan keunggulan dan keunikan itu punya pengaruh positif bagi orang-orang sekitarnya. Ingat, kalau hanya sekedar tampilan fisik, Anda tidak perlu menjadikannya sebagai ‘andalan’ karena dengan berjalannya waktu, cantik atau tampan berangsur-angsur turun kualitasnya.

·         Temukan dua hal yang membuat Anda unik bila dibandingkan dengan teman kerja Anda di kantor. Unik artinya hanya Anda-lah yang memilikinya, teman lain tidak. Atau, Anda lebih menonjol dalam hal dimaksud bila dibanding teman Anda. Itulah X FACTOR dirimu.

·         Lakukan perbedaan di kantor sesuai keunikanmu mulai saat ini juga. Mulai saja dengan hal-hal kecil dan sederhana….Minggu depan Anda sudah mulai menuai hasilnya.

 

 

Salam sukses!

Simon Wenehen (Konsultan SDM & Trainer dari Persona Consulting)

Kontak. 081228869034 - email: swenehen@gmail.com

 

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Labels

MAL (42) FILM (27) Review (24) AWD (9) Game (7) Sepakbola (7) Gadget (6) Tri (6) Alfi (5) Motivasi (5) Simon (5) Economy (4) FASHION (4) Ponsel (4) ANIME (3) Leadership (3) Apple (2) GadgetNews (2) KETEQ10 (2) Karier (2) Preview (2) TRAVEL (2) Unboxing (2) Wisnu (2) Finance (1) Gading (1) Hermès (1) Investasi (1) Properti (1) Tech (1)

Instagram @KeteqFeed